Tips Membeli Raket Bulutangkis


Sering sekali orang ingin sekali bermain bulutangkis dan di saat itu ia akan langsung membeli raket bulutangkis. Tapi tunggu, sebelum anda membeli raket bulutangkis ini, ada baiknya anda mempelajari tips bagaimana memilih raket bulutangkis. Kalau kata orang kenalilah potensi diri anda agar anda tak menyesal. Maksudnya adalah anda harus mengenal diri anda secara pribadi, apa yang anda suka dan masih banyak hal lain sebelum anda kemudian memutuskan mau membeli tipe dan jenis raket yang mana sesuai dengan kebutuhan anda.
Page atau halaman ini akan memberikan petunjuk bagaimana kamu bisa memilih raket bulutangkismu sendiri.
Kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah mereka membeli raket dan menggunakan raket karena melihat tokoh idolanya menggunakan raket bulutangkis jenis A dan jadilah ia kemudian memilih raket tersebut.
Padahal belum tentu raket yang ia pilih ini akan sesuai dengannya, karena setiap orang memiliki tipe permainan yang berbeda dalam bermain bulutangkis. Raket-raket bulutangkis jaman sekarang dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan berdasarkan bagaiman pola permainan bulutangkis seseorang. So pesan pentingnya adalah “anda jangan tertipu dengan raket pebulutangkis pemain idola anda, karena mereka juga bintang iklan dan anda bisa saja memilih raket bulutangkis untuk anda sendiri.”
Pada intinya memilih raket bulutangkis tergantung pada atau pertanyaan yang harus anda tanyakan pada diri anda sendiri. Apakah anda dalam bermain merupakan pemain yang bermain dengan Power atau kekuatan ataukah anda bermain dengan Control.
Anda tidka bisa memiliki power dan control dalam satu raket tapi anda bisa memilih untuk raket yang memiliki keseimbangan di antara keduanya.

Bagaimana Mengetahui Sebuah Raket Bulutangkis Itu Bagus Atau Tidak?

Ketika memilih raket bulutangkis yang anda inginkan di sebuah took, cobalah untuk melakukan beberapa test kecil untuk menguji seberapa berkualitasnya raket yang ingin anda beli.

Kekakuan/Fleksibilitas


Pegang kedua ujung raket dan coba lakukan dengan membengkok-kannya secara perlahan lahan. Yang perlu anda ingat adalah berhati-hatilah karena ketika anda di toko maka “mematahkan berarti membeli (jika anda mengerti maksud saya)”. Jika racket yang anda bengkok-kan kemudian dengan cepat membengkok maka anda sedang memegang raket dengan batang yang sangat flexible. JIka tidak, maka batangan raket yang anda pegang adalah batangan yang kaku.

Tingkat Akurasi Dalam Penempatan Pukulan


Untuk melihat bagaimana tingkat akurasi dari raket dalam melakukan penempatan pukulan maka anda bisa melakukan satu test kecil dengan memegang pegangan raket dengan satu tangan dan tangan lainnya cobalah untuk memuntir kepala raket ke arah sisi. Jika kepala raket tidak bisa dipelintir maka ini sangat baik untuk penempatan bola. Ha lini dikarenakan karena arah pergerakan shuttlecok lebih pasti apabila kepala raket tidak mudah terpuntir.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Membeli Raket

Ada empat hal yang mesti anda perhatikan saat akan membeli raket bulutangkis yakni sebagai berikut :
  1. Berat Raket
  2. Titik Keseimbangan Raket
  3. Kekakuan Batang Raket
  4. Bentuk dari Bingkai Kepala Raket
Apa itu semua, yuk mari kita bahas satu persatu:

1. Berat Raket

Teknologi raket bulutangkis saat ini boleh dikata sudah sangat mumpuni. Sebuah raket bulutangkis yang baik rata rata memiliki berat dikisaran 85 hingga 92 gram (berat ini tanpa handgrip dan juga senar).
Raket yang berat merupakan raket yang bagus untuk mereka yang tipe penyerang alias pemain dengan tipe permainan mengandalkan power. Pada raket yang lebih berat momentum akan berakumulasi lebih pada saat pemain melakukan ayunan, ha lini memberikan power yang lebih.
Kekurangan dari raket yang cukup berat adalah raket jeni sini sangat sulit untuk di kontrol. Dan jenis raket ini juga sangat kurang nyaman saat digenggam.
Sehingga jika anda punya permainan yang senang mengontrol permainan dan tidak mengandalkan tenaga maka raket dengan jenis yang lebih ringan akan sangat bagus untuk anda.
Di pasaran, berat raket dapat dikategorikan dalam beberapa bentuk seperti dibawah ini. Jadi kalau anda melihat code-code ini saat berkunjung ke toko raket, anda bisa memprediksi berapa berat raket anda.
  • 2U: 90-94g
  • 3U: 85-89g
  • 4U: 80-84g
  • 5U: 75-79g
Jenis raket yang gampang di temui di pasaran adalah tipe 3U dan 2U sedangkan tipe 4U and 5U sangat jarang untuk dijumpai
Yang perlu anda tahu bahwa berat raket yang disebutkan diatas adalah berat raket tanpa handgrip dan juga senar raket. Sehingga anda perlu memperimbangkan bahwa raket yang anda beli setelah dipasangkan handgrip dan juga senar maka akan menjadi lebih berat dari ukuran sebelumnya.

2. Titik Keseimbangan Raket


Saat anda hendak membeli atau memilih raket bulutangkis maka cobalah untuk mengukur titik keseimbangan raket. Cara sederhananya adalah tempatkan jari telunjuk anda di batang raket sampai anda merasa bahwa pegangan dan kepala raket sudah dalam keadaan seimbang
Test sederhana ini untuk memberikan informasi raket yang sedang anda pegang ini apakah tipe Power Racket ataukah Control Raket. Begini penjelasannya :
  • Jika jari anda lebih dekat ke kepala raket, ini berarti titik keseimbangannya lebih tinggi, maka jenis raket ini merupakan raket Power.
  • Jika jari anda lebih dekat ke pegangan raket saat anda melakukan test keseimbangan ini maka titik keseimbangan raket ini rendah. Dan jenis raket ini merupakan jenis control raket.
Yang perlu anda ketahui bahwa titik keseimbangan sebuah raket dapat diatur bahkan setelah anda beli untuk menyesuaikan dengan tipe permainan anda.
Jika anda adalah orang yang tipe permainannya adalah control tapi raket yang anda suka titik keseimbangannya mendekati kepala raket maka anda bisa menjadikannya sebagai raket control dengan cara sebagai berikut :
  • Gunakan dua handgrip di pegangan raket anda
  • Bungkus pegangan raket anda dengan handgrip yang lebih tebal
  • Gunakan senar bulutangkis yang lebih ringan atau lebih tipis
Jika anda adalah orang yang tipe permainananya merupakan tipe power sedangkan raket yang anda gunakan memiliki titik keseimbangan lebih mendekati kepada pegangan raket maka satu-satunya cara menjadikan raket ini sesuai dengan tipe permainan anda yakni raket power maka gunakanlah handgrip yang lebih ringan.
Setelah anda melakukan penyesuaian berat terhadap raket ini, maka anda selalu bisa melakukan test yang sama untuk mengidentifikasi dimana letak keseimbangan dari raket ini.

3. Kekakuan Batang Raket


Ketika anda memilih raket bulutangkis, anda memiliki pilihan apakah anda akan memilih raket dengan batang yang flexible atau kaku.
Batang raket yang fleksibel akan lebih mudah untuk melengkung. Sedangkan batang yang keras akan sangat sulit untuk melengkung.
Ketika anda membeli raket perhatikan baik baik masalah kekakuan dari batang raket ini. Anda bisa menyesuaikan berat dan juga titik keseimbangan dari raket setelah anda beli tapi mengenai kekakuan batang raket ini adalah satu hal yang tidak bisa dirubah. Jadi jika anda membeli raket dengan batang kaku maka sudah tidak bisa lagi dijadikan raket yang fleksible.
Tetapi anda juga perlu tahu bahwa kekakuan raket ini seperti peralatan lain lama kelaman bisa berubah. Semakin sering anda menggunakan raket, mengayunnya dari waktu ke waktu maka lama kelamaan raket tersebut kurang kaku sampai batas tertentu.
Penjelasan di bawah ini akan membantu anda apakah raket dengan batangan kaku dan fleksibel sesuai dengan jenis permainan anda.


RAKET DENGAN BATANG FLEKSIBEL


Tingkat Repulsion Raket : Tingkat repulsion jenis raket ini SANGAT BAIK. Raket dengan batang fleksibel menawarkan repulse atau gaya tolak yang sangat bagus untuk shuttlecock saat melakukan ayunan. Ini karena raket dengan batang fleksibel akan sedikit melengkung/atau membengkok ke belakang dan saat inilah kela,a raket akan menyimpan energy saat anda melakukan gerakan mengayun.
Saat shuttlecock melakukan kontak dengan bantalan senar pada raket, energy yang terseimpan ini akan dilepaskan dan di transfer ke shuttlecock.Olehnya itu saat anda menggunakan jenis raket ini anda tidak perlu mengeluarkan tenaga terlalu banyak untuk banyak untuk melakukan pukulan dari baseline ke baseline.

Penempatan Shuttlecock : Penempatan shuttlecock pada raket ini KURANG AKURAT. Dikarenakan batang raket terlalu flexible dan mudah untuk melengkung, maka akan sangat susah untuk melakukan penempatan bola yang sempurna. Saat shuttlecock mendarat di bantalan senar, gaya tolak atau repulsion akan menyebabkan kepala raket sedikit bergetar. Ini membuat arah dari shuttlecock saat terbang menjadi tidak terarah.
Dengan demikian akan sangat susah untuk mengintrol dimana shuttlecock yang anda inginkan mendarat dengan raket yang batangnya sangat fleksibel.

Kecocokan Raket : Raket ini cocok untuk melakukan STROKES, DEFENSIVE/BERTAHAN, DEFENDING SMASHES/MENGEMBALIKAN SMASH. Pemain yang bertipe stroke atau penyambar sama seperti pemain bertipe defensive atau bertahan. Gaya permainan mereka adalah bermain dengan cara mempertontonkan deretan pukulan lob dan dropshot. Mereka melakukan smash hanya ketika mereka benar-benar memiliki kesempatan bagus. Strategi kemenangan mereka adalah memaksa lawan untuk melakukan kesalahan saat terjadi reli reli panjang.
Raket dengan batang yang fleksibel membutuhkan sedikit saja kekuatan untuk mendapatkan power atau kekuatan. Sehingga pemain yang memiliki tipe permainan stroke atau defensive tidak perlu khawatir tentang mengeluarkan terlalu banyak kekuatan saat melakukan gerakan memukul pukulan bersih atau dropshot sehingga mereka bisa fokus terhadap pertahanan.Fleksibel raket juga bagus untuk para pemain mengembalikan smash. Ketika mengembalikan smash yang sangat kuat, sedikit sentuhan dengan raket yang memiliki batang yang fleksibel dapat mengembalikan smash lawan dengan mudah karena adanya repulsion dari energi yang disimpan saat bantalan raket berjumpa dengan shuttlecock.

Level Pengguna Raket : Raket ini sangat bagus untuk para PEMULA. Ini karena anda tidak perlu mengelurkan tenaga banyak saat melakukan pukulan. Memukul shuttlecok dari baseline ke baseline juga bukan menjadi sebuah masalah.
Karena tidak banyak tenaga yang dibutuhkan sehingga para pemula tidak perlu khawatir gagal memukul shuttlecock cukup jauh sehingga mereka bisa konsentrasi bagaiman meningkatkan teknik bermain.

Kerugian Raket Jenis Batang Fleksibel : Meskipun raket dengan jenis batang fleksibel menyediakan power yang cukup bagus (repulsion) namun raket jeni sini kurang dalam kecepatan untuk mengembalikan pukulan.
Saat shutllecok mendarat di bantalan senar raket, maka repulsion akan mengambil alih (batang akan sedikit melengkung ke belakang sebelum shuttle dikembalikan). Dengan kata lain, shuttlecock akan tinggal di bantalan senar sedikit lebih lama sebelum dikembalikan.


RAKET DENGAN BATANG KAKU


Tingkat Repulsion Raket : Tingkat repulsion raket sangat KECIL atau TIDAK ADA. Shuttlecock akan segera terpantul setelah terjadi kontak dengan bantalan senar pada raket.
Dengan repulsi yang kecil dan bahka tidak ada. Pukulan akan sangat kurang bertenaga. Ini berarti bahwa pemain bulutangkis yang menggunakan raket jenis ini akan selalu memukul dengan keras untuk mendapatkan tenaga yang berlebih.

Penempatan Shuttlecock : Penempatan shuttlecock untuk raket jenis ini adalah LEBIH AKURAT. Tidak seperti raket yang fleksibel, raket yang kaku tidak melengkung. Ketika shuttlecock bersentuhan dengan bantalan senar dari raket, tidak akan terjadi vibrasi yang bisa menyebabkan arah pengembalian shuttlecock tak tentu arah.

Kecocokan Raket : Raket ini sangat baik digunakan untuk SERANGAN CEPAT,MENIPU dan NETTING TIPIS. Bulutangkis adalah permainan kecepatan. Saat menggunakan raket dengan batang fleksibel, kenis ini menawarkan power tapi sangat kurang dalam kecepatan dalam mengeksekusi shuttlecock. Dengan raket yang kaku, anda memang harus mengorbankan tenaga untuk kecepatan dalam mengembaikan shuttlecock.
Karena shuttlecock terpantul dari bantalan raket yang kaku sangat cepat maka shuttlecock akan kembali dengan sangat cepat. Dengan raket yang kaku, penggunaan kekuatan pergelangan tangan dibandingkan gerakan mengayun. Kekuatan pergelangan tangan secara otomatis akan berpindah ke shuttlecock.Skil bermain bulutangkis tingkat tinggi seperti serangan cepat atau smash overhead dan menipu lawan membutuhkan eksekusi yang sangat cepat dan biasanya dilakukan melalui pergerakan cepat dari pergelangan tangan.Banyak pemain bulutangkis terkenal menggunakan raket dengan batang yang kaku untuk memasukkan kekuatan dan kecepatan ke shuttlecock. Mereka mengembalikan shuttlecock sangat sangat cepat pada saat lawan belum siap untuk mengembalikan pukulan tersebut.

Level Pengguna Raket : pengguna raket ini adalah mereka yang sudah MENENGAH ATAU LANJUTAN. Raket yang kakusangat cocok untuk pebulutangkis yang ingin sekali menunjukkan skill bulutangkis tingkat lanjut, Karena raket jenis ini tidak menyediakan begitu banyak repulsion atau gaya tolakan, anda harus mengeluarkan banyak tenaga saat mengayun untuk menghasilkan tenaga berlebih.
Bukan berarti para pemula tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan pukulan yang powerfull. Tapi karena raket yang fleksibel menghasilkan banyak tenaga, dibutuhkan tenaga yang minim saat mengayun. Pemula harus lebih dahulu menggunakan kesempatan ini untuk menguasai teknik yang benar dibandingkan fokus mengeluarkan tenaga yang berlebih.Jika anda seorang pemula yang menggunakan raket yang kaku, anda akan menemukan diri anda berkonsentrasi kepada mengeluarkan tenaga berlebih yang cukup saat mengayun dibandingkan konsentrasi terhadap teknik yang benar.Pebulutangkis tingkat menengah atau lanjutan yang sudah familiar dengan tekni bermain bulutangkis yang benar bisa mempertimbangkan untuk menggunakan raket yang kaku untuk mencoba skill mumpuni yang lain.

Kerugian Raket Bulutangkis Yang Kaku : kerugian dari menggunakan raket jenis adalah dibutuhkannya respon MENGAYUN YANG KUAT ATAU PERGELANGAN TANGAN YANG CEPAT. Dalam rangka untuk memaksimalkan penampilan dengan menggunakan raket kaku, anda butuh teknik bagus untuk saat melakukan stoke untuk menghasilkan kekuatan yang cukup saat melakukan gerakan mengayun.
Dengan raket yang kaku, kekuatan saat mengayun akan tidak berpindah ke shuttlecock ketika terjadi kontak dengan bantalan senar. Disamping itu, menggunakan raket yang kaku adalah tentang bagaimana memaksimalkan kerja pergelangan tangan untuk mproduksi kecepatan dan kekuatan. Tidak seperti gerakan mengayun, kekuatan dari pergelangan tangan akan berpindah sempenuhnya kepada shuttlecock.Dengan demikian, memiliki teknik yang bagus adalah sangat penting untuk sergapan dan mampu untuk membuat kerja pergelangan tangan menghasilkan power dan performa lebih baik.

4. Bentuk Dari Bingkai Kepala Raket

Ketika membeli raket bulutangkis, ada dua jenis dari bentuk bingkai kepala raket yang umum di tawarkan yakni Isometric atau nyaris berbentuk segi empat dan juga bentuk konvensional yakni Oval
Perbedaan kedua jenis raket dengan bingkai Isometric dan konvensional adalah titik pukulan atau SWEET SPOT.
Sweet Spot adalah spesifik area pada bantalan senar dari raket (biasanya terletak di bagian tengah dari bantalan raket). Sebuah shuttlecock hanya akan dipukul dengan sangat baik apabila mendarat pada sweet spot dari bantalan senar.
Bingkai Isometric

Memiliki sweet spot yang lebih luas. Dengan demikian akan sangat banyak kesempatan untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas.
Bingkai Konvensional/Oval

Memiliki sweet spot lebih kecil. Tetapi jika shuttlecock jatuh pada sweet spot maka pukulan yang dihasilkan akan benar benar sangat berkualitas.
Rajet dengan bingkai Konvensional saat ini sangat jarang bisa ditemukan di pasar karena kecenderungan orang saat ini untuk lebih memilih jenis raket dengan bentuk bingkai isometric.



So apakah kamu sudah tahu mau membeli raket jenis apa?.
Tips Membeli Raket Bulutangkis Tips Membeli Raket Bulutangkis Reviewed by Unknown on 17.40.00 Rating: 5

2 komentar:

  1. Trima kasih ulasannya sangat membantu. Terutama saya yang masih pemula. Sampai harus berulang ulang saya membacanya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.