Menyoal Sektor Tunggal Putra Indonesia Di Piala Thomas 2016

Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie
Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie
Team putra Piala Thomas 2016 Indonesia tidak bisa bernafas lega usai pengundian group Piala Thomas 2016 yang akan berlangsung di Kunshan pada tanggal 15 hingga 22 Mei 2016. Bukan pasal yang mudah saat Indonesia kemudian harus berjuang di salah satu turnamen beregu ini dengan berada satu grou dengan Thailand, India dan Hong Kong.
Meskipun menjadi jawara di ajang Asian Mens Team Badminton Open Championships 2016 yang berlangsung di Hyederabad namun ini bukan jaminan bahwa lagkah Indonesia akan mulus. Pasalnya di nomer beregu putra ini, kerjasama tiga tunggal putra dan dua ganda sangat diharapkan. Kelima nomer ini harus saling bersinergi untuk menyumbangkan satu angka penting bagi kemenangan Indonesia. Karena hanya dua team teratas saja yang bisa melaju ke babak perempat final. Dan untuk menghindari pertemuan denga team-team kuat, mau tak mau Indonesia harus jadi juara group.
Indonesia sendiri cukup harus waspada dengan nomer tunggal. Pasalnya, nomer tunggal Indonesia tidak cukup kuat untuk jika di head to headkan dengan pebulutangkis dari Negara lain. Setidaknya jika kita mengacu pada peringkat dunia saat ini.
Indonesia sendiri sudah dipastikan akan mengirimkan empat pebulutangkis tunggal yakni Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Diantara ke-empat pebulutangkis ini hanya Tommy Sugiarto saja yang berada di 10 besar dunia sedangkan 3 pebulutangkis muda tanah air semuanya berada di atas 30 dunia.
Jika kita tengok bagaimana sektor tunggal putra India dan Hong Kong maka kita perlu waspada. India punya banyak tunggal putra yang sangat kuat sebut saja Srikanth Kidambi, Parupalli Kashyap, H. S Prannoy dan Ajay Jayaram. Di team Hong Kong nama nama seperti Hu Yun, Wei Nan, Ka Long Angus Ng dan Wong Wing Ki Vincent yang bisa jadi sandungan.
“India sangat kuat di sektor tunggal. Tapi di ajang kualifikasi Piala Thomas 2016 di Hyderabad India, kami bisa mengalahkan mereka.” Kata Rexy Mainaky.
Melihat peta ini, Indonesia memang berharap bahwa disetiap pertandingan nomer ganda harus mengamankan dua poin dan minimal mencuri satu poi di nomer tunggal. Pasalnya, nomer ganda Indonesia memang paling kuat di group ini.

“Team Thomas kita unggul di sektor ganda jika dibandingkan dengan Negara lain yang berada satu group dengan kita. Kita tinggal mengatur strategi untuk mengambil satu poin tambahan dari nomer tunggal,” Imbuh Rexy kepada Badmintonindonesia.
Menyoal Sektor Tunggal Putra Indonesia Di Piala Thomas 2016 Menyoal Sektor Tunggal Putra Indonesia Di Piala Thomas 2016 Reviewed by Unknown on 10.10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.